HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARUNGGI 2017

dini qurrata ayuni

Abstract


: Usia lanjut tahap akhir dari siklus hidup manusia, merupakan proses alamiah kehidupan yang tidak dapat dihindarkan dan akan dialami oleh setiap individu. Pada tahap ini individu mengalami banyak perubahan, baik secara fisik,mental, khususnya kemunduran dalam berbagai fungsi dan kemampuan yang pernah dimilikinya. Lansia merupakan proses alami yang disertai adanya penurunan kondisi fisik, psikologis,sosial yang saling berkaitan satu sama lain. Pada kondisi lansia seperti ini, dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dan gangguan mental sepertidepresi. Dalam menghadapi kenyataan hidup agar memperoleh kesejahteraan pada usia lanjut sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan penuh dari keluarga. Metode: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan depresi pada lansia Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasional dengan metode pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak 114 lansia. Alat penelitian menggunakan kuesioner Dukungan Keluarga dan kuesioner Geriatric Depression Scale(GDS), uji statisti cmenggunakan uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan depresi pada lansia nilai p=0,027 (pvalue< 0.05). Diskusi: Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk diteliti lebih lanjut tentang faktor yang dapat mempengaruhi depresi pada lansia dan lebih bisa melihat secara tepat dukungan keluarga dengan tingkat depresi pada lansia.


Keywords


Dukungan keluarga, depresi, lansia.

Full Text:

PDF

References


Arianti.(2012). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Kualitas Hidup pada Lansia Penderita Hipertensi.Skripsi. Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Beljouw, I.M., Verhaak, P.F, Cuijpers, P, Marwijk, H.W, Penninx, B.H. (2010). The Course of Untreated Anxiety and Depression, and Determinants of Poor One Year Outcome: A One Year Cohort Study. BMC Psychiatry2010

Chang, H.C, Mei, Z.X, Rong, D.B, Chan, L.Z, Rong, Y.J, Xiu, L.Q. (2010). Health Status and Risk for Depression Among the Elderly: A Meta-Analysis of Published Literature. Age and Aging 2010,

Darussalam.(2011). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Depresi dan Hopelessness pada Pasien Stroke di Blitar.Skripsi FIK UI Depok.

Friedman, M. (2010).Keperawatan Keluarga.Jakarta: EGC.

Giordana & Roelandt. (2010) . Mental Health of Elderly People: The Prevalence and Representations of Psychiatric disorders. Journal Encephale. 2010;36(3 Suppl):59-64. doi: 10.1016/S0013-7006(10)70018-X.

Hawari, D. (2011). Manajemen Stres, Cemas Dan Depresi. Jakarta: FKUI.

Ibrahim, A.S. (2011). Gangguan Alam Perasaan: Depresi. Jakarta: Dua As-As Dua.

Kemenkes, RI. (2013). Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta: Buletin Jendela, Data dan Informasi Kesehatan :Kemenkes, RI.

Komisi Nasional Lanjut Usia. (2010). Profil Penduduk Lanjut Usia 2009. Jakarta: Komnas Lansia.

Lubis, N.L. (2009). Depresi; Tinjauan psikologis. Jakarta: Kencana

Lyness, J.M., Yu, Q., Tang W., Conwell, Y. (2009). Risk for Depression Onsetin Primary Care Elderly Patients: Potential Targets for PreventiveIntervention. Am J Psychiatry.Vol 166 No 12.2009.

Maryam, dkk. (2011). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Mauk, K.L. (2010) . Gerontological Nursing: Compentecies for Care. (2nd ed). Canada: Jones and

Bartlett Publishers

Stewart. (2014). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC

Sumirta.(2011). Psikologi untuk Keperawatan Lansia. Jakarta: EGC.

Tamher & Noorkasiani. (2011). Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan.Jakarta : Salemba Medik.

Walen, H.R, Lachman, M.E. (2014). Social Support and Strain from Partner, Family, and Friends: Cost and Benefits for Men and Women in Adulthood. Journalof Social and Personal Relationships (2014),

WHO.(2010). Depression Worksheet.http://ebookbrowse.com/ search/depression worksheets-Pdf

Widiaswara.(2014). Perbedaan Stress Psikososial pada Janda Lansia yang Tinggal Sendiri dengan yang Tinggal Bersama Keluarga di Desa Wonosari Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.Skripsi PSIK STIKES Kendal, tidak dipublikasikan.

Yacob. (2014). Gambaran Kognitif Pada Lansia di RSUP H. Adam MalikMedan Dan Puskesmas Petisah Medan.Diakses melalui http: http://repository.usu.ac.id .Pada tanggal 21 April 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36565/jab.v7i2.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi
Jl. Prof. M. Yamin, SH No.30, Lebak Bandung-Jambi | Telepon: 0741-33030 | email: jab.stikba@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional